Ingin Acara Sukses Besar? Pastikan Lima Langkah ini Tidak Kamu Lewatkan

Berencana mengadakan sebuah event tapi kamu masih bingung bagaimana cara agar acara yang kamu selenggarakan bisa berjalan lancar? Untuk mewujudkan semua itu butuh keseriusan dan perencanaan yang tepat. Berikut beberapa tip agar acaramu berjalan dengan sukses.

1. Susun Tema dan Konsep Acara

Tema dan konsep acara merupakan hal utama yang paling awal ditentukan. Hal ini karena pemilihan tema dan konsep acara akan menentukan setiap langkah dan keputusan yang akan kamu ambil dalam merancang dan menyelenggarakan sebuah acara. Lakukan tukar ide atau brainstorming bersama teman-temanmu, tentukan target dan tujuan, kemudian pilih tema dan konsep yang menarik atau sedang diminati.

2. Bentuk Kepanitiaan

Jika tema dan konsep telah ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah membentuk panitia acara. Bentuklah panitia menjadi beberapa divisi dan pastikan setiap divisi memiliki tugas atau jobdesc yang jelas. Selain itu pastikan juga setiap orang menempati divisi yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuan yang ia kuasai. Bangun kerja sama yang baik antar tiap anggota.

3. Budgeting

Poin ini juga merupakan langkah penting dalam pelaksanaan acara. Ya, rancangan anggaran. Sebuah event memerlukan rancangan anggaran yang jelas sehingga segala kebutuhan yang diperlukan bisa dipenuhi. Budgeting dilakukan agar kamu tahu gambaran biaya operasional yang kamu butuhkan untuk acara tersebut. Buatlah daftar apa saja yang kamu perlukan, mulai dari perlengkapan apa saja yang harus dibeli hingga kisaran harga tempat yang akan kamu sewa untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

4. Timeline yang Jelas

Agar rencanamu berjalan sesuai dengan target dan tujuan kegiatan maka harus ada timeline pelaksanaan yang jelas. Timeline menjadi hal yang amat penting dalam mengontrol pelaksanaan dan perencanaan acaramu. Melalui timeline kamu akan tahu sudah sejauh mana pelaksanaan acara, sudah seberapa matang persiapannya, apa saja yang masih kurang dan perlu dikerjakan, dan lainnya. Buat daftar apa saja yang harus dilakukan oleh setiap anggota tim kemudian beri deadline.  Pemberian deadline ini bukan untuk memberikan tekanan pada setiap anggota tim, namun untuk memastikan bahwa mereka tidak menunda tugasnya. Jangan lupa pula untuk melakukan follow up terhadap kinerja semua anggota tim, apa saja yang sudah mereka lakukan dan apakah mereka mengalami masalah dalam melakukan tugas yang diberikan.

5. Publish Agar Laris

Setelah semua dilengkapi, hal terakhir yang juga penting untuk dilakukan dengan baik adalah publikasi acara. Jika acaramu terbuka untuk umum dan mengundang masyarakat sebagai peserta, maka publikasi adalah hal utama yang harus disegera dilakukan. Publikasi juga membutuhkan strategi yang tepat agar target dan sasaran acara kamu tercapai. Kamu bisa memanfaatkan internet dan kecanggihan teknologi saat ini agar infomasi acaramu bisa tersebarluas dengan baik. Kabar baiknya, saat ini sudah ada portal yang bisa memenuhi kebutuhan publikasi acaramu. BOLOKU.ID adalah sebuah portal yang bertujuan untuk membantu memfasilitasi berbagai kebutuhan publikasi event, serta sarana pengembangan ke arah bisnis yang lain. Benefit yang kamu peroleh dengan bergabung akun BOLOKU.ID, yaitu user pengguna bisa mempublikasikan acara secara gratis (free publication), maka event akan terpublikasikan di seluruh Indonesia. Selain itu, acara yang dimuat di situs BOLOKU.ID juga berkesempatan mendapat testimoni dan diliput oleh Tim Boloku.id, bahkan jika acaramu terpilh menjadi Top Event, maka acara kamu akan berkesempatan dimuat di Suara Merdeka. BOLOKU.ID juga menyediakan fitur payment gateway yang memudahkan pendaftaran event. Menguntungkan sekali, ya. Ayok, buat acaramu sukses dengan BOLOKU.ID!


Total Coments (0)